Sunday 28 February 2016

Nomor Pusat Pesan Provider Indonesia

www.bisnispulsa.web.id
Pernahkah anda mengalami kegagalan saat mengirim pesan/SMS? Saya rasa anda pernah mengalaminya, karena saya sendiri juga sering mengalami kegagalan saat ingin mengirim pesan kepada orang lain. Sehingga saya bingung apa penyebabnya, dan saya berusaha mencari solusinya dan akhirnya ketemu juga.
Berikut ini beberapa penyebab kegagalan dalam mengirim pesan:
1. Kartu anda sudah tidak aktif.
Disini jelas bahwa jika kartu anda sudah tidak aktif atau dalam masa tenggang maka kemungkinan anda akan gagal dalam mengirim pesan, jika kartu anda masih dalam masa tenggang anda harus mengisi ulang pulsa dan cobalah untuk mengirim kembali pesan yang gagal tersebut.





2. Tidak ada pulsa,
Sangat jelas bahwa jika kartu tidak memiliki pulsa atau pulsa tidak mencukupi untuk melakukan pengiriman pesan/SMS, maka anda tidak akan bisa mengirim pesan tersebut. Coba cek saldo pulsa anda, jika memang sisa pulsa 0/Nol maka isilah terlebih dahulu pulsanya dan kirim ulang pesan tersebut.


3. Gangguan Jaringan.
Saat terjadi gangguan disekitar daerah anda atau dari Pusat Provider Indonesia maka anda akan gagal mengirim pesan, maupun yang lainnya. Jadi anda harus menunggu beberapa saat sampai gangguan tersebut kembali normal dan setelah beberapa menit/jam cobalah kirim ulang pesan tersebut.


4. Tidak ada sinyal.
Jika tidak ada sinyal pada HP anda, maka pesan tidak bisa terkirim. Biasanya yang sering mengalami hal ini adalah mereka yang tinggal di suatu daerah terpencil yang jauh dari pusat kota atau yang tinggal di suatu perkampungan, termasuk saya. Solusinya gunakan kartu yang banyak sinyalnya jika di kampung atau gunakan kartu yang di daerah anda sudah ada sinyalnya, sepertu kartu AS dan Simpati, bukan untuk promo Provider TELKOMSEL tapi ini kenyataannya, karena di kampung saya kartu 3/Three, XL, AXIS dan sebagainya tidak ada sinyal.


5. Nomor tujuan salah.
Sebenarnya ini bukan penyebab kegagalan saat mengirim pesan tetapi hal ini sangat penting karena jika nomor tujuan salah, pesan anda akan terkirim tetapi anda tidak akan mendapat balasan dari pesan yang anda kirimkan tadi, kecuali jika nomor tujuan yang anda masukan sudah terdaftar dan masih aktif maka anda bisa mendapat balasan dari nomor tersebut dengan kata-kata: Maaf ini siapa ya? dan sebagainya. Berhati-hatilah saat mengetikan nomor tujuan atau penerima pesan karena dapat berakibat fatal. Kecuali jika memang anda orangnya suka mengacak-ngacak nomor agar bisa berkenalan.


6. Nomor pusat pesan salah.
Penyebab terakhir ini yang biasanya menjadi faktor utama dalam mengirim pesan. Jika nomor pusat pesan pada HP/kartu anda salah maka pesan akan gagal terkirim. Hal ini kemungkinan dikarenakan pengaturan nomor pusat pesan SMS yang berubah secara disengaja maupun karena eror system handphone Anda. Untuk itu anda harus mengubah nomor pusat pesan sesuai dengan kartu yang anda gunakan.
Berikut ini  nomor pusat pesan provider indonesia:
~ Nomor Pusat pesan MENTARI +62816124
~ Nomor Pusat pesan 3/Three +6289644000001
~ Nomor Pusat pesan AXIS +628315000032
~ Nomor Pusat pesan IM3 +62855000000
~ Nomor Pusat pesan PRO XL +62818445009
~ Nomor Pusat pesan ( Telkomsel ) SIMPATI, AS dan Loop +6281100000

Cara setting nomor pusat pesan di ponsel dapat dilakukan dengan cara:
1. Masuk ke pengaturan pesan=>Pesan teks=>Pilihan pengiriman=>Pusat Layanan. (Ini pada HP samsung type GT-E12205T.)
2. Pada menu pesan=>Masuk ke Setelan=>Nomor pusat informasi. (Ini pada Smartphone Oppo Neo 3.)
3 Pada Modem=>Pilih Settings=>Messages settings=>Message Centre. (Ini pada pengaturan modem Telkomsel Flash di notebook Acer Aspire One)

Saya menyebutkan 2 HP diatas dan notebook Acer Aspire One, karena saya hanya ada itu untuk contohnya dan saya memang memiliki ketiganya dan sudah saya coba.

Intinya anda harus masuk ke pengaturan pesan teks dan cari tulisan: Pusat Layanan/Nomor pusat informasi/Message centre dan ini tergantung dari bahasa yang anda gunakan di Handphone anda apakah bahasa Indonesia, Inggris dan sebagainya jika bingung silahkan terjemahkan bahasanya dulu atau ganti bahasa yang mudah anda mengerti. Jika sudah ketemu sesuaikanlah nomor pusat pesannya dengan kartu yang sedang anda gunakan.


Demekian artikel tentang: Nomor Pusat Pesan Provider Indonesia.Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sebelum berkomentar harap baca terlebih dahulu Persyaratan Layanan Blog Abdul Sidik (BAS).
Terima Kasih Anda telah berkomentar.
EmoticonEmoticon