Sunday 14 May 2017

Contoh Soal Manajemen Strategik.

STIE Mulia Singkawang
Let’s Build  Our Town

UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN 2016/2017
MATA KULIAH : MANAJEMEN STRATEGIK HARI / TANGGAL : JUMAT, 5 MEI 2017
WAKTU : 10.00 – 11.40 WIB
SEMESTER / KELAS : VI / Pagi Akuntansi
DOSEN : Singgih Tiwut Atmojo, S.Sos., MM

Terima kasih telah mampir di blog saya yang sederhana ini. Berikut ini adalah Contoh Soal Manajemen Strategik.

Soal nomor 1 dengan bobot nilai 40

“Brownies Kukus XY”

Brownies kukus XY merupakan suatu produk yang berasal dari Singkawang yang semula hanya mengandalkan produksi Brownies Kukus Original & Chocolate, sekarang telah memproduksi Brownies kukus dengan rasa yang beraneka ragam guna mengikuti perkembangan pasar dan selera konsumen. Brownies XY memiliki bentuk yang menarik dan unik sehingga membuat orang-orang ingin merasakan produknya. Brownies XY hanya menyediakan satu macam jenis kue yaitu “Brownies” namun dengan inovasi yang berbeda sehingga akan menjadi ciri khas produk ini dan membuat konsumen lebih tertarik untuk mencoba dan membeli. Brownies XY mempunyai banyak pilihan rasa dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan menengah ke atas. Lokasi Brownies XY letaknya sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh konsumen, baik itu dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Brownies XY menggunakan kemasan yang bercorak dan menarik yang berbeda untuk setiap rasa, sehingga menambah nilai “prestigious” dari produk ini. Terdapat layanan Dilevery Order sehingga konsumen dari berbagai kota dapat memesan produk ini, namun dengan tambahan biaya pengiriman.
http://ho.lazada.co.id/SHQ5RB?keyword=Computers%20%26%20Laptops
Dikarenakan produk yang ditawarkan hanya satu jenis, hal ini dapat menjadi kekuatan  dari bisnis ini, namun juga dapat menjadi kelemahan, jika selera konsumen terus berubah, bukan tidak mungkin produk ini akan di tinggalkan dan beralih ke produk lain yang lebih inovasi. Brownies XY bukan merupakan bisnis Waralaba, jadi tidak setiap kota terdapat outlet/toko, cabang Brownies XY hanya di buka di kota-kota besar. Brownies ini mempunyai masa expired yang relatif singkat yaitu sekita 4 hari pada suhu kamar dan maksimum 1 minggu jika disimpan di lemari pendingin (kulkas). Harga brownies yang kurang ekonomis, sehingga yang menikamatinya hanya kalangan menengah keatas.

Toko Brownies XY memproduksi brownies kukus dengan rasa beraneka ragam. Selain itu inovasi rasa ini juga dimaksudkan untuk membidik/menarik semua segmen pasar. Sehingga toko Brownies XY menjadi selera masyarakat sebagai peluang untuk mendapatkan lebih banyak profit. Melihat dari persaingan peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali, hal ini karena saingan untuk usaha ini bisa dikatakan belum banyak.

Karena Brownies XY berada di kota-kota besar sehingga setiap tahunnya semakin banyak pendatang di kota-kota tersebut, hal ini membuat bisnis makanan mempunyai prospek yang kurang baik, akan banyak pilihan yang akan meniru usaha ini, hal ini tentu akan membuat saingan yang baru bagi Brownies XY adanya toko-toko kue tradisional yang ada di masyarakat dengan harga yang terjangkau untuk kalangan menengah kebawah.
1. Dari ilustrasi diatas berikan identifikasi analisis SWOT-nya dan buatlah strategi perluasan dan strategi konsulidasi?

Untuk soal nomor 2 dan 3 dengan bobot nilai masing-masing 15.
2. Jelaskan menurut pemahaman saudara untuk apakah tujuan organisasi itu dibuat dan jelaskan 5 tipe/jenis tujuan organisasi?
3. Buatlah bagan/kerangka proses manajemen strategik dan jelaskan pada tiap-tiap proses bagiannya?

Untuk soal nomor 4 dengan bobot nilai 30
4. Buatlah contoh sederhana VISI/MISI, TUJUAN dan SASARAN suatu organisasi/perusahaan dan jelaskan hubungan keterkaitan antara Visi/Misi, Tujuan serta Sasaran dari organisasi/perusahaan tersebut?


Lazada Malaysia
Buat teman-teman yang nantinya akan UTS mungkin kalian sedang mencari contoh soal untuk mata kuliah Manajemen Strategik, nah untuk itu saya ingin membagikan contoh soal ini untuk bahan tambahan sebagai referensi belajar kalian. Semoga dapat membantu kalian dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi UTS-nya. Perlu diingat, jangan terlalu fokus apalagi sampai menghapal soal ini, karena ini hanya salah satu contoh soal yang keluar saat UTS pada tahun ini/pada masa saya, karena kemungkinan tiap tahun soal-soal akan diperbarui dan memang seharusnya begitu karena dengan diperbaruinya soal yang ada maka akan membuat seseorang lebih fokus pada masa depan bukan hanya fokus di masa lalu. Sebaiknya fokuslah pada materi yang telah kalian pelajari di kelas (kampus), karena apa yang kalian pelajari di kelas itulah yang menjadi dasar buat kalian belajar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian. Namun di zaman modern ini belajar bisa saja dilakukan dimana saja dan kita bisa mendapatkan sumber informasi darimana saja apalagi dengan adanya internet semua informasi bisa dengan mudah untuk di dapatkan tapi kita harus tetap berhati-hati dalam menerima informasi yang ada jangan sampai kita telan mentah-mentah informasi tersebut, kita punya akal untuk berpikir mana yang benar & mana yang salah. Kita harus bisa memilah, memilih dan kita harus bisa menganalisis informasi tersebut, apakah informasi tersebut benar, dan bermanfaat. Jika benar dan bermanfaat tentu tidak ada salahnya kita untuk menerima & mempelajarinya.

Oke teman-teman inilah contoh soal Manajemen Strategik yang sangat singkat yang dapat saya bagikan ke kalian semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

***Selamat belajar, tetap semangat, pasti bisa***

Sebelum berkomentar harap baca terlebih dahulu Persyaratan Layanan Blog Abdul Sidik (BAS).
Terima Kasih Anda telah berkomentar.
EmoticonEmoticon