Monday 8 December 2014

Kisi-Kisi Soal Pengantar Bisnis


Selamat malam teman-teman.
Bagi yang sedang belajar buat ulangan/ujian besok dan sedang mencari referensi tambahan mengenai soal-soal Pengantar Bisnis (PB). Sehingga kalian mencari di Internet dengan kata kunci yang kalian ketikkan, akhirnya ketemu dan kalian masuk ke alamat blog saya ini yang membahas mengenai kisi-kisi soal Pengantar Bisnis.
Disini saya mencoba memberikan beberapa informasi mengenai kisi-kisi soal Pengantar Bisnis mudah-mudahan ada manfaatnya buat kalain yang sedang belajar, dibawah ini merupakan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan soal Pengantar Bisnis. Nah untuk itu kalian bisa melatih kemampuan yang kalian miliki dan mengembangkannya dengan cara menjawab beberapa kisi-kisi soal Pengantar Bisnis sebagai berikut:

1.        Sebutkan dan jelaskan oleh Saudara sumber daya yang dipergunakan para pembisnis dalam menghasilkan barang dan jasa.
2.        Pihak-pihak yang berkepentingan dalam dalam suatu perusahaan bisnis disebut sebagai stakeholders yang terdiri dari beberapa pihak, antara lain:
a.         Pemilik (Owner)
b.         Kreditor (Creditor)
c.         Karyawan (Employee)
d.        Pemasuk (Supplier)
e.         Pelangan (Custumer)
Jelaskan oleh Saudara peranan penting apa saja yang dimainkan oleh masing-masing pihak tersebut dalam aktivitas perusahaan!
3.        Pengambilan keputusan merukan tindakan yang sangat penting dalam dunia bisnis namun tidak semua keputusan yang diambil dapat memberikan hasil yang mengembirakan. Coba Saudara jelaskan bagaimana keputusan yang buruk mempengaruhi laba/profit perusahaan!
4.        Banyak hal yang dapat mempengaruhi kondisi bisnis, antara lain tingkat inflasi, suku bunga bank, dan kebijakan pemerintah.
a.         Jelaskan bagaimana pengaruh tingkat inflasi terhadap kinerja bisnis!
b.         Jelaskan hubungan antara tingkat suku bunga bank dengan kinerja bisnis!
c.         Kebijakan-kebijakan Pemerintah apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis!
5.        Di Kota Singkawang, banyak terdapat perusahaan yang berbentuk kepemilkan Perseorangan yang dalam hal ini dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis yang mereka kelola! Jelaskan oleh Saudara hal-hal yang berikut ini:
a.         Karakteristik bentuk kepemilikan Perseorangan yang berhasil!
b.         Keuntungan dan Kerugian dari bentuk Kepemilkan Perseorangan!
6.        Bahwa Pengusaha dapat memperoleh kepemilikan atas bisnis yang sudah berjalan dan memiliki prospek yang baik yaitu dengan cara:
a.         Mengambil-alih kepemilikan bisnis keluarga
b.         Melakukan Akuisisi
c.         Waralaba
Jelaskan cara-cara tersebut secara singkat dan jelas!

7. Sebutkan dan jelaskan tugas-tugas utama dari seorang manager keuangan!
8. Apa yang dimaksud pembelanjaan internal dan pembelanjaan eksternal? Jelaskan!
9. Pihak perbankan didalam mempertimbangkan pemberian kredit kepada nasabahnya senantiasa berpatokan pada "Prinsip 5 C" sebtutkan dan jelaskan!
10. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi keputusan penentuan harga produk meliputi: biaya produksi, pasokan persediaan, dan harga pesaing! Jelaskan!
11. Apa yang Saudara ketahui tentang Product Life Cycle (daur kehidupan produk) dan pada tahap mana perusahaan mengalami kerugian financial?  Gambarkan kurvenya dan jelaskan!
12. Apa yang Saudara ketahui tentang istilah-istilah berikut ini: Fixed Cost, Total Cost, Variable Cost, Average Cost, Total Revenue, Average Revenue. Jelaskan!
13. Gambarkan kurve Break Even Point dan jelaskan!
14. Apa yang akan terjadi pada perusahaan jika total revenue hanya mampu menutupi biaya variable saja? Jelaskan.
15. Sebutkan dan jelaskan alat-alat promosi (promotional tools) yang Saudara ketahui!
16. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat harga? Sebutkan dan jelaskan!
17. Bahwa terdapat perbedaan kepentingan tentang harga antara konsumen dan produsen! Jelaskan!
18. Bagi perusahaan yang memasarkan barang-barang industri sering menggunakan saluran distribusi pendek, dan bagi mereka yang memasarkan barang-barang konsumsi sering menggunakan tipe saluran distribusi panjang! Mengapa?

Demikianlah beberapa kisi-kisi soal Pengantar Bisnis yang dapat saya bagikan kepada kalian. Semoga dengan adanya kisi-kisi tersebut dapat membantu kalian untuk persiapan menghadapi ulangan/ujian besok,  serta dapat memotivasi kalian yang sedang belajar sehingga kalian bisa menjawab pertanyaannya, mengerti, bisa menjelaskan dan bisa mengembangkannya. 

***(Selamat belajar, tetap semangat dan pasti bisa)***

Artikel ini terakhir diperbarui:Pada 08-Mei-2016.

This Is The Oldest Page

Sebelum berkomentar harap baca terlebih dahulu Persyaratan Layanan Blog Abdul Sidik (BAS).
Terima Kasih Anda telah berkomentar.
EmoticonEmoticon